Miliki Kedisiplinan Tinggi, SMA Dharmawangsa Jalin Silahturahmi yang Kuat antar Guru dan Siswa


 Satu di antara kegiatan siswi di SMA Dharmawangsa Medan.

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Setiap sekolah menjadi tempat pendidikan moral dan akademik bagi siswa dan siswinya. Berbagai kegiatan dan program selalu diberikan sekolah untuk mendidik murid-muridnya agar dapat menjadi penerus bangsa. Melalui pendidikan tersebut, terciptalah sebuah karakter yang melekat pada diri peserta didik. Tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi peserta didik juga bisa cerdas secara etika.

Satu di antara sekolah yang berhasil menerapkan pendidikan karakter terhadap peserta didiknya adalah SMA Dharmawangsa. Sebab sekolah yang berlokasi di Jalan KL Yos Sudarso ini memiliki siswa dan siswi yang unggul dalam bidang kedisiplinan.

“Kita punya anak-anak yang turun-temurun itu tertib, disiplin, patuh. Etika mereka sangat kita banggakan. Mungkin ada sekolah yang kelas sosialnya itu anak-anaknya kadang nakal luar biasa, tetapi sekolah kita Alhamdulillah, anak MIA, Sosial, kelas 10, 11 dan 12 itu etikanya bagus semua. Ibadahnya juga baik,” jelas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ahmad Sofyan, Rabu (25/4/2018).

Siswa dan siswi sekolah ini pun akrab kepada guru-gurunya. Hal ini terjadi karena silahturahmi yang kuat antara murid dan guru-guru. Sofyan menjelaskan, setiap pagi di gerbang, anak-anak akan memberikan salam kepada guru saat akan masuk. Begitu juga ketika waktu pulang tiba. Setiap siswa akan mencium tangan guru sebelum pulang.

“Ikatan batin emosionalnya terjalin dengan mereka saling menyalami kami. Dan sebelum memulai belajar, kami melakukan doa secara bersama,” kata Sofyan.

Prestasi di bidang akademik, tahun ini saja 52 siswa SMA Dharmawangsa telah lulus SMPTN jalur undangan. 50 siswa tersebut masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di Medan, maupun di luar kota. Sedangkan dua orang lainnya masuk mendapatkan beasiswa penuh selama pendidikan di  Politeknik Caltex Riau dan Politeknik Kesehatan Surakarta Solo.

“Kemaren kita menemukan juga satu siswa kita yang lulus di Politeknik Negeri Medan jalur undangannya,” katanya.

Untuk menunjang prestasi siswa dan siswinya, tentu sekolah ini memberikan fasilitas belajar mengajar yang lengkap dan guru-guru yang profesional. Selain itu, SMA Dharmawangsa juga memiliki 14 kegiatan ekskul. Di antaranya adalah Pramuka, Paskibra, English Club, Kelompok Sastra Jepang, Sanggar Sastra Drama, Dokter Remaja, Voli, Basket, Futsal, Modelling, Seni Tari, Musik, Teater dan semuanya sangat bersaing dan memberikan prestasi bagi sekolah.

“Semua ekskul di sini berperan serta dan aktif. OSIS-nya aktif. Dan Alhamdulillah, yayasan dan kepala sekolah memberikan support kepada ekskul di sekolah ini,” jelas Sofyan. (cr5/tribun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com Penulis Liska Rahayu

Share:

INFORMASI PENDAFTARAN

1. Nama : H. Erwin Harahap
Kontak : 081-361-7796-24
2. Nama : Anum Herawati Harahap
Kontak : 081-375-9347-24
3. Nama : Suyoto
Kontak : 085-296-1437-81
4. Nama : Dedi Sihite
Kontak : 081-220-4188-32

Jadwal Sholat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Postingan Populer

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman