Pentingnya Menggunakan Bahasa Indonesia Baku Dalam NgeBlog

Pentingnya Menggunakan Bahasa Indonesia Baku Dalam NgeBlog


Banyak blogger menggunakan bahasa tidak baku dalam menulis di blognya. Penggunaan bahasa tidak baku ini sebenarnya tidak menyalahi aturan penulisan karena memang tidak ada aturan yang mengikatnya. Namun alangkah lebih baik jika para blogger menulis blog menggunakan bahasa Indonesia baku. Selain lebih mudah dipahami juga turut berperan dalam melestarikan bahasa nasional Indonesia. Bukankah kita sudah sepakat untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia?

Bahasa Indonesia baku adalah ragam bahasa yang mengikuti kaidah bahasa Indonesia, baik yang menyangkut ejaan, lafal, bentuk kata, struktur kalimat, maupun penggunaan bahasa. Pedoman penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar yang berlaku sekarang ini adalah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.

Ada beberapa keuntungan menggunakan bahasa baku dalam menulis blog, di antaranya sebagai berikut:
  1. Menggunakan bahasa baku berarti turut andil dalam melestarikan bahasa nasional karena penggunaan bahasa tidak baku selain merusak kaidah bahasa juga bisa menimbulkan salah pemaknaan.
  2. Pengunjung blog bervariasi, bukan hanya kaum yang akrab dengan ‘bahasa gaul’ sehingga menggunakan bahasa baku bisa mempermudah komunikasi dengan pengunjung blog yang berasal dari berbagai kalangan.
  3. Tulisan menjadi lebih enak dibaca dan dirasakan, coba Anda bandingkan "gue nggak bisa membuat blog bagusnya kaya gitu" dengan "saya tidak bisa membuat blog sebagus itu"
  4. Mesin pencari lebih mudah mengindeks tulisan yang menggunakan bahasa baku melalui internet, sebagai contoh pencarian artikel melalui Google dengan kata kunci “cara ngurangin berat badan” maka rekomendasi dari Google adalah “cara mengurangi berat badan”
  5. Bahasa baku bisa di translate (menggunakan Google Translate) ke dalam bahasa lain dengan struktur kata lebih jelas sehingga pengunjung yang berbeda bahasa bisa memahami maksud artikel yang disampaikan dalam blog dengan lebih jelas pula.
Penggunaan kaidah yang benar dalam pemakaian bahasa menunjukkan kepribadian seseorang. Mereka yang bahasanya bagus secara umum menunjukkan intelektualitas yang lebih tinggi dibanding yang bahasanya kurang bagus. Terlepas dari itu semua bahwa penggunaan bahasa pengantar blog tidak harus menggunakan bahasa baku tapi jika ada yang lebih baik mengapa memilih yang tidak baik.

Sekian postingan dari saya tentang Pentingnya Menggunakan Bahasa Indonesia Baku Dalam NgeBlog, dan semoga bermanfaat.

Artikel link : http://agungekacandra.blogspot.com/2014/09/pentingnya-menggunakan-bahasa-indonesia.html
Share:

INFORMASI PENDAFTARAN

1. Nama : H. Erwin Harahap
Kontak : 081-361-7796-24
2. Nama : Anum Herawati Harahap
Kontak : 081-375-9347-24
3. Nama : Suyoto
Kontak : 085-296-1437-81
4. Nama : Dedi Sihite
Kontak : 081-220-4188-32

Jadwal Sholat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Postingan Populer

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman